Pages

Rabu, 31 Juli 2013

Profil Usaha Hamster Ikky

  • USAHA BUDIDAYA HAMSTER HIAS
    A. Profil Perusahaan
    1.Profil Perusahaan
    Berikut ini adalah profil perusahaan yang direncanakan:
    1. Nama Perusahaan       :               RumaHamsteRikky [RHR]
    2. Bidang Usaha              :               Usaha Budidaya
    3. Jenis Produk/Jasa        :               Hewan Peliharaan
    4. Alamat Perusahaan      :               Jl. H. Adam Malik Lrg. Mayang Sari 3 No.67 Jambi
    5. Nomor Telepon           :               0852 6668 2211
    6. Alamat Email               :               rikkysuryadi@gmail.com
    7. Mulai Berdiri                :               02-05-2011

    2. Biodata Pemilik    
    1. Nama                               :               Rikky Suryadi
    2. Jabatan                             :               Pemilik
    3. Tempat dan Tgl. Lahir         :               04 Oktober 1992
    4. Alamat Rumah                  :               Jl H. Adam Malik Lrg. Mayang Sari 3 No.67 Jambi
    5. Nomor Telepon/HP            :               0852 6668 2211
    6. Alamat Email                   :                rikkysuryadi@gmail.com
    7. Pendidikan Terakhir           :               Fakultas Ekonomi Universitas Jambi


    3. Sekapur Sirih
    Usaha ini berawal dari sebuah diskusi kecil di sebuah jejaring mesengger (yahoo mesengger). Dimana saya yang waktu itu seorang mahasiswa ingin menciptakan sebuah usaha kecil yang berbasis hobby. Dan saya pun meminta saran 3 teman saya melalui jejaring tersebut.
    Setelah 2 bulan menimbang dan mengukur, akhirnya hamster menjadi alternatif pilihan. Dan tidak lama dari situ, usaha ini pun dimulai, yaitu tepat tanggal 2 mei 2011.
    Dalam perjalanan baik perawatan, marketing dan lain-lainya, saya di bantu banyak pihak, mulai dari keluarga dan teman. dan alhasil berjalan seperti saat ini.
    Saat ini, saya sudah punya banyak partner usaha, baik di dalam kota maupun di luar kota, mulai dari medan, padang, pekan baru dan palembang.
    Dan omset saya saya terimapun sudah lumayan, setidaknya untuk membantu keuangan pribadi dan tidak meminta ma orang tuaku lagi.

    B. Aspek Pasar Dan  Bauran Pemasaran
    1. Produk yang dihasilkan
    Yang kami pasarkan disini hanyalah hamster yang lucu, jinak dan keren pastinya.  Hargamulai dari yang paling murah 15rb per ekor dan yang paling bagus 50rb per ekor dimana ada 4 jenis yaitu campbell, winter white, roborovsky dan syrian.
    2. Keunggulan Produk
    Keunggulan kompetitif produk kami adalah harga yang terjangkau. Setelah survey ke pasar, baik dilihat dari sisi harga maupun kualitas kami bisa dikatakan lebih dari estimasi pasar dan lebih kompetitif. 
    Keunggulan kompetitif dari budidaya kami adalah :
    a.       Memiliki variasi jenis yang lebih banyak
    b.      Lebih jinak
    c.       Bersih dan jauh dari sumber penyakit
    d.      Warna lebih varian
    Selain keunggulan-keunggulan yang di atas ada beberapa pelayanan yang diberikan sebagai cirri khas dari bisnis “Rumah Hamster ” antara lain :
    a.       Menerapkan pelayanan 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)
    b.      Memberikan potongan harga untuk even-even tertentu atau untuk pembelian dalam jumlah yang banyak
    c.       Dapat menerima pesanan dalam jumlah banyak (reseller)
    d.   Mengadakan games-games di media sosial

    4.       Pesaing bisnis
    Pesaing bisnis merupakan factor yang penting dalam menyusun keberhasilan pemasaran. Menurut pakar manajemen strategi mengidentifikasi 4 kekuatan pesaing yakni masuknya pendatang baru,
    ancaman produk pengganti, kekuatan taar menawar pemasok, seta pesaing konvensional diantara para pesaing yang ada.

    Keunggulan & Kelemahaan produk



    Pesaing
    Keunggulan
    Kelemahan





    Hamster 
    1. Usaha
    memiliki brand
    image yang kuat

    2. Usaha dijalankan
    dalam jangka
    panjang

    3. Anggaran yang
    efisien

    4. Pengalaman dalam budidaya
    1. Harga yang lebih
    Mahal

    2. Pelayanan yang
    kurang baik

    3. Pelayan yang
    tidak ramah

    4. Kurang tahan suhu tinggi










        

    3. Analisis SWOT

    Seiap kegiatan untuk memulai usaha yang akan dirintis untuk mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu SWOT :

    1.       Strength (Kekuatan)

    Kekuatan produk ini adalah :
    a.      Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
    b.      Hamster merupakan hewan lucu dan imut
    c.       Lebih gampang dan praktis dipelihara 

    2.       Weakness (Kelemahan)

    Kelemahan dari produk ini adalah :
    a.       Tidak dapat tahan panas
    b.      Jenis mudah dikembang biakan

    3.       Opportunity (Peluang)

    Peluangnya adalah :
    a.       Tempat strategis
    b.      Fasilitas yang cukup memadai
    c.     Masih banyak yang mengaggap hamster itu aneh

    4.       Threat (ancaman)

    Asanya pesaing yang menjual hamster di bawah harga namun tidak berkualitas.


    4. Pemasaran

    a. Melalui jejaring sosial

    b. Melalui media massa

     

     

     

     

0 komentar:

Posting Komentar