Pages

Senin, 18 November 2013

Bijaksana gunakan kartu kredit


Anda tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya kartu kredit. Gencarnya penawaran sales, terkadang membuat Anda berat untuk menolaknya. Tak perlu merasa bersalah, karena Anda bukan satu-satunya yang tergoda untuk memilikinya. Nah sekarang, coba cek dompet Anda. Ada berapa kartu kredit yang Anda miliki? Satu, dua, atau tiga? Cek lembar tagihannya, dan jawab pertanyaan berikut :
1. Berapa total tagihan kartu kredit Anda?
2. Berapa pembayaran yang Anda lunasi sebelumnya? Apakah Anda menyisakan tagihan?
3. Apa saja yang Anda beli? Apakah seluruhnya merupakan kebutuhan dan memang diperlukan sampai saat ini?

Sebenarnya, berapapun total tagihan kartu kredit Anda, tetap harus Anda lunasi seluruhnya. Karena, prinsip menggunakan kartu kredit yang benar adalah Anda telah memiliki simpanan dana di bank, sebelum menggeseknya. Dan yang perlu diingat, kartu kredit bukanlah simbol status dan alat penumpuk hutang. Kartu kredit hanya membantu menunda, memudahkan, dan mengamankan cara pembayaran. Tidak lebih dari itu.
Seperti dilansir suaramerdeka.com, kartu kredit dapat menjadi pisau bermata dua, di mana pada satu sisi merupakan alat pembayaran yang praktis dan efektif, sedang di sisi lainnya dapat melukai si pengguna apabila tidak digunakan dengan cerdas. Kesan yang diberikan kartu kredit adalah: seolah-olah Anda tidak mengeluarkan uang dalam setiap transaksi pembelian barang. Hal ini membuat Anda tidak peka terhadap pengeluaran, oleh karena itu berikut tips menggunakan kartu kredit dengan cerdas:
1. Bayarlah semua biaya kehidupan dalam jumlah yang kecil, menggunakan uang tunai.
2. Bayarlah pembayaran yang cukup besar dengan kartu debit.
3. Gunakan kartu kredit hanya di saat darurat saja.
4. Lunasi dengan segera seluruh tagihan Anda.
5. Saat menerima amplop tagihan, disertakan pula buku penawaran berbagai barang konsumsi. Baca dengan cepat dan tepat, pilih yang benar-benar Anda butuhkan. Bila dirasa tidak ada yang benar-benar dibutuhkan, segera buang buku tersebut.
6. Simpanlah bukti pembayaran Anda selama tiga bulan terakhir.

Karena kartu kredit berjasa untuk mempermudah hidup Anda, maka gunakanlah dengan cara yang cerdas dan bijaksana. (as)

0 komentar:

Posting Komentar