Pages

Rabu, 13 November 2013

Berbagai Species Cupang

Hoy sobat RHR! Piye kabare???
Sobat RHR, pada postingan kali ini, saya bakal berbagi info tentang jenis-jenis ikan cupang. Pasti udah ga sabar kan pengen tau lebih lanjut tentang si ikan petarung yang satu ini? Silakan disimak ya...

Sobat RHR, ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung ternyata sudah dikenal ratusan tahun yang lalu. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang suka duel, terutama jika bertemu sesama ikan jantan. Huumm... Sobat RHR, tau ga kenapa ikan ini dinamakan ikan “cupang”? Hayooo! Siapa yang tau? Oke, saya kasih tau deh, Katanya sih, nama “cupang” ini diberikan oleh masyarakat Betawi. “Nah lho! Kok bisa?” Masyarakat Betawi memberi nama “cupang” pada ikan ini karena kebiasaannya yang suka diadu dan terlihat seperti saling memangut (cupang) dengan gesitnya. Hehehe... Ada-ada aja ya?

Gambar cupang berantem

Oh iya, ternyata nih ya, ikan cupang tuh ada banyak jenisnya lho! Ikan cupang tuh terdiri dari 16 spesies! Wuidiih! Banyak banget ya? Pasti pada penasaran dong kaya gimana sih penampilan dari 16 spesies itu? Yuk kita liat bareng-bareng gambarnya di bawah ini.

Betta brederi

Betta albimarginata

Betta bellica

Betta akarensis

Betta rubra

Betta splendens

Betta imbellis

Betta macrostoma

Betta patoti

Betta picta

Betta pugnax

Betta smaragdina

Betta taeniata

Betta unimaculata


Tuh... Cantik-cantik kan cupangnya? Hayo! Dari sekian banyak cupang yang cantik, spesies mana nih yang paling sering sobat liat? Kalo saya sih, kebanyakan sering liatnya yang spesies Betta splendens. Hehehe... (IYP).

Sumber:
Susanto H. 1991. Memelihara Ikan Cupang. Tangerang: Kanisius
www.plantedtank.net
www.ibcbettas.org
www.alessio.pointnet.eu
www.seriouslyfish.com

0 komentar:

Posting Komentar