Pages

Minggu, 27 Juli 2014

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

[Image: makanan-ibu-hamil.jpeg]
Makanan yang baik untuk ibu hamil sangatlah perlu dan penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Makanan yang diperlukan untuk ibu hamil cukuplah beragam jenisnya, namun anda harus berhat-hati dalam mengkonsumsi makanan, siapa tau makanan yang anda konsumsi itu bukanlah yang tepat untuk dikonsumsi ibu hamil.

Saat hamil seorang ibu pasti memerlukan makanan yang sehat, agar kesehatan pada tubuhnya maupun kandungannya dapat terjaga dengan baik. Supaya nutrisi ibu hamil dengan kandungannya dapat terpenuhi dengan sehat. Adapun makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil ialah sebagai berikut :

1. Sayuran berwarna hijau tua

Manfaat sayuran untuk wanita hamil sudah tidak diragukan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuan juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata.

2. Daging tanpa lemak

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi.

3. Ikan salmon

Tidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

4. Telur

seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori.

Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.”

Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

Selain makanan yang baik untuk ibu hamil diatas, buah-buahan juga sangatlah diperlukan untuk ibu hamil.

0 komentar:

Posting Komentar