Pages

Jumat, 11 April 2014

Bagaimana Menjinakan Hamster Yang Suka Gigit?



Duh.. hamsterku suka menggigit. Gimana ya cara menjiknakkannya?
ini persoalan gampang kalau anda mengerti caranya. Sebelum saya kasih tau caranya, saya kasih tau dulu penyebabnya kenapa hamster itu menggigit. Biasanya nya hamster menggigit dikarenakan takut dan membela dirinya. Entah itu karana stress, cara memegang atau menagkap yang salah, lingkungan kandang yang tidak nyaman dsb.

Sebenarnya ada beberapa aturan umum yang sederhana untuk bisa anda ikuti sebelum Taming/menjinakkan Hamster diantaranya:
  • Ketika anda membawa pulang hamster baru, berikanlah waktu seminggu atau lebih bagi hamster untuk beradabtasi dengan lingkungan baru kandangnya.
  • Pastikan hamster memiliki ukuran kandang yang layak dan semua kebutuhan lainnya(makanan, minuman, mainan, dll) terpenuhi agar hamster tidak stress.
  • Menempatkan kandang hamster anda dilokasi dimana berada disekitar orang tetapi hamsternya tidak merasa terganggu oleh kebisingan atau gangguan dari hewan lain. Intinya tempatnya strategis , nyaman buat hamster dan nyaman juga buat pemiliknya.
  • Jangan coba-coba menggangu atau handling hamster selama dia tidur, terutama diawal-awal memeliharanya.

Nah selanjunya kita belajar menjinakkannya:
      
  1. Mulailah untuk memberi makan hamster Anda dengan memperlakukan di antara jeruji kandang. Anda juga dapat menggosok memperlakukan di telapak tangan Anda sehingga hamster bisa mengenal aroma Anda. Lanjutkan selama beberapa hari.
  2. Nah.. yang kedua, berhubung penglihatan hamster itu tidak terlalu bagus. Dan hanya mengandalkan penciuman dan pendengaran. Sebaiknya biarkan hamster terbiasa mendengar suara anda. Mungkin bisa diajak curhat atau ngobrol kalo lagi galau atau seneng. Berasa orang gila aja ya. :D  
  3. Ketika hamster Anda terjaga, perlahan letakkan tangan Anda ke dalam kandang. Nah, dalam hal ini si hamster juga sudah mulai bisa sedikit dimanin.  
  4. Kemudian, jika hamster Anda merasa udah nyaman makan secara perlahan dia akan masuk ke tangan Anda.
  5. Cobalah untuk membuat dia merasa senyaman mungkin. Hamster Anda mungkin gugup pada awalnya, tapi jika diajak terus berinteraksi lama-kelamaan si hamater akan merasa tenang.
  6. Coba Ulangi langkah-langkah sebelumnya selama seminggu. Lama kelamaan hamster Anda akan sangat jinak dan ramah.
  7. Jangan lupakan hamster anda setelah jinak, tetep ajak bermain si hamster setiap hari.
Jika gambar dan arahan yang saya berikan masih belum terlalu jelas, mungkin anda bisa melihat tutorial video dibawah.






0 komentar:

Posting Komentar