Pages

Rabu, 09 April 2014

Hamster yang Imut dan Lucu Ternyata Kanibal!

Tentu sobat sudah tidak kaget mendengar bahwa induk hamster terkadang memangsa anaknya. Bagaimana dengan hamster yang memakan teman sekandangnya padahal seumuran (dan seukuran)? Semua pasti ada alasannya!

                                                                                    Fineartamerica
'Kuaci mulai membosankan, makan si putih itu sepertinya enak juga...'

Semua jenis hamster berpotensi menjadi kanibal. Roborovski yang kecil imut-imut atau si besar gondrong Syrian semua bisa menjadi pemangsa sesama. Apa sih yang menyebabkan fenomena ini terjadi? Saya akan paparkan tentunya bersama cara-cara pencegahannya :D

  • Sifat Dasar Hamster 
Kanibalisasi bisa terjadi karena memang si hamster tersebut dasarnya agresif. Contoh nyatanya adalah Syrian Long/Short Hair. Walaupun mereka jinak saat kita pegang, mereka tidak suka dicampur satu sama lain karena sifat mereka territorial. Maka dari itu, jika memelihara hamster Syria lebih baik dipisahkan sendiri-sendiri. Jika terpaksa digabung, pastikan kandangnya cukup luas.

Jika ingin memelihara koloni hamster, perihalah Roborovski. Mereka cenderung lebih sosial dan bersahabat. Walapun tidak menutup kemungkinan kalau mereka suatu saat bisa menjadi kanibal jika keadaan memaksa.

  • Membersihkan Bangkai
Ini yang terkadang bisa jadi salah kaprah. Karena dasarnya hamster adalah mahkluk yang cinta kebersihan, mereka akan sebisa mungkin membersihkan tempat tinggal mereka dari berbagai macam bangkai. Termasuk bangkai sesamanya. 

Hamster yang mati entah karena jatuh sakit, sudah tua, atau karena luka bertengkar, nantinya akan dimakan oleh teman-teman sekandangnya. Dengan tujuan, agar terhindar dari bibit penyakit dari mayat yang membusuk, efisiensi energi, dan menghindari pemangsa yang mencium bau bangkai.

  • Terlalu Sempit, Kurang Makanan
Kali ini adalah faktor yang kemungkinan adalah kesalahan kita. Jika ruang kecil diisi banyak hamster, mereka akan kebingungan karena sifat mereka yang punya wilayah masing-masing. Secara naluri alam, overcrowding bisa berarti sumber makan tidak sebanding dengan jumlah koloni. Jadi, mereka membunuh dan memakan yang muda untuk melindungi yang tua dan yang bisa bereproduksi.
 
Alasan itulah yang bisa membuat hamster Roborovsi memakan sesamanya.
 
                                                                                     Cuteoverload
Sudah pernahkah sobat mengalami kejadian-kejadian tersebut? Kami tunggu sharenya di kolom komentar di bawah! 
 
Selalu Ceria dan Salam Hamster Lover!



0 komentar:

Posting Komentar