Pages

Senin, 07 April 2014

Umur Berapa ya Mata Si Baby Hamster Terbuka?




Wah senang sekali rasanya, sepasang hamsterku akhirnya punya enam ekor anak. Anaknya kok gak cantik seperti daddy dan mommy nya ya. Kulitnya berwarna merah muda berkerut tanpa bulu, matanya juga tertutup rapat. Uups, jangan kawatir dulu. Itu memang ciri-ciri bayi hamster yang baru lahir. Dalam beberapa minggu mereka akan bertumbuh dan berkembang menjadi anak hamster yang lucu dan menggemaskan.
Mengapa mata bayi hamster yang baru lahir tertutup rapat? 

Beberapa bayi mamalia yang baru lahir, seperti anjing, kucing dan hamster memang memiliki mata yang masih tertutup rapat dan tampak seperti memiliki selaput. Jangan kawatir karena hal ini sangat wajar. Mata yang tertutup rapat menjadi salah satu bentuk perlindungan bayi hamster terhadap berbagai gangguan seperti kotoran atau cengkraman gigi sang mommy hamster ketika memindahkan anak-anaknya. Jangan sekali-sekali mencoba menyentuh seluruh bagian tubuh bayi hamster yang baru lahir ya, karena hal ini bisa membuat mommy hamster merasa asing dan waspada dengan aroma yang menempel pada bayinya. Hal ini bisa menyebabkan si mommy hamster stres dan memakan anak-anaknya. Pisahkan induk jantan ke kandang lainnya, dan tetaplah memberi makan mommy hamster seperti biasa.



 Bayi Hamster yang Belum Dapat Membuka Mata

Kapan mata bayi hamster akan terbuka?

            Kurang lebih dua minggu setelah dilahirkan, bayi hamster akan mulai membuka mata perlahan-lahan. Tubuhnya pun akan dipenuhi bulu beraneka warna, tergantung dari warna yang diturunkan kedua induknya. Setelah mata anak-anak hamster mulai terbuka, saatnya kita bisa berkenalan dan menggendong anak-anak hamster. Namun harus ekstra hati-hati dalam menggendong, karena anak hamster yang baru dapat melihat biasanya akan merasa kaget dan berusaha meloncat dari tangan. Mulai berinteraksi dengan anak-anak hamster dapat menciptakan kedekatan yang akrab dan seru antara hamster dengan owner si hamster.

0 komentar:

Posting Komentar