Pages

Senin, 07 April 2014

Ini Dia Tipsnya Agar Hamster Peliharaan Cepat Berkembangbiak




Lucunya Mommy Hamster yang Baru Melahirkan

        Pasti senang ya kalo memelihara dan merawat sepasang hamster lucu dan sehat. Apalagi kalau sepasang hamster tersebut beranak dalam jumlah yang banyak dan anak hamsternya sehat-sehat. Wah, pasti seru dan lucu. Sebagai pemilik yang baik,  tentunya kita harus memperhatikan kenyamanan dan aspek penting lainnya yang mendukung perkembang biakan hamster kesayangan. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang patut diperhatikan sang pemilik hamster bila ingin hamster peliharaannya cepat berkembangbiak dan menghasilkan anak-anak hamster yang berkualitas :

1.     1.  Perhatikan usia produktif hamster. Usia efektif hamster betina untuk beranak adalah umur 4 bulan hingga 11 bulan. Dibawah usia 4 bulan biasanya anak-anak hamster yang dilahirkan memiliki harapan hidup yang rendah, sedangkan diatas 12 bulan biasanya hamster betina sudah tidak dapat hamil lagi.

2.   2. Jangan lupa untuk memberikan makanan yang bergizi untuk hamster. Kombinasi kacang-kacangan serta sesekali memberikan sayur dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi terbaik bagi hamster. Air minum yang bersih juga harus selalu tersedia di kandang hamster.

3.    3.  Jaga selalu kebersihan kandang hamster agar tetap kering dan nyaman. Serbuk kayu yang menjadi area pipis hamster dapat diangkat setidaknya sehari sekali.

4.   4.   Tempatkan sepasang hamster (jantan dan betina) di dalam satu kandang. Menempatkan lebih dari satu pasang sebaiknya dihindari dulu agar tidak terjadi perkelahian antar hamster.

5.  5.  Kandang hamster dapat diletakkan di tempat yang agak sepi dan jarang dilewati oleh orang. Hal ini bertujuan agar hamster tidak stres dan naluri kawinnya bisa segera muncul.

6.   6.   Jangan terlalu sering memegang atau menggendong hamster. Hal ini juga bisa membuat hamster stres dan gagal hamil.

            Demikian tips agar hamster kesayangan cepat berkembangbiak. Semoga tips ini berguna bagi penyayang binatang yang ingin segera memiliki anak-anak hamster yang lucu.

0 komentar:

Posting Komentar