Pages

Jumat, 11 April 2014

Kenapa Hamster Tidur Disiang Hari??

Kenapa sih kok hamster sukanya tidur di siang hari?

Soalnya hamster itu adalah binatang nokturnal. Binatang nokturnal itu adalah binatang yang lebih banyak beraktivitas di malam hari. Jadi kalo malam, mereka ga tidur kaya manusia, tapi mereka itu malah mencari makan, bermain, berburu, kawin, dan sebagainya. Contohnya itu kucing, kelelawar, hamster, dan masih banyak binatang lainnya.

Perilaku nokturnal dilandasi oleh alasan tertentu. Ada setidaknya dua penyebab utama.
Perilaku nokturnal antara lain terlihat pada hewan yang hidup di daerah panas ekstrim atau padang pasir. Hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan panas sehingga lebih memilih tidur selama siang hari dan aktif pada malam hari saat suhu sudah turun.
Faktor keamanan merupakan alasan lainnya. Kecuali hewan nokturnal, semua hewan lainnya terjaga dan memburu mangsanya pada siang hari. Hewan nokturnal tidak aktif si siang hari untuk melindungi diri dari hewan-hewan diurnal (aktif pada siang hari).
Biasanya hewan nokturnal memiliki indera penciuman yang tajam karena beraktivitas di malam hari kan gelap, sehingga mereka mengandalkan penciuman mereka. Salah satu hewan dengan indra penciuman yang tajam adalah Hamster.
Nah, sudah tau kan kenapa hamster yang kalian pelihara tidurnya di siang hari? Jadi jangan heran lagi yaa kalau hamster kurang aktif di siang hari, mereka nggak lagi sakit kok. Mereka hanya lagi istirahat, ajaklah mereka main saat malam hari ya.

0 komentar:

Posting Komentar