Pages

Jumat, 11 April 2014

Perhatikan Kesalahan-Kesalahan Para Pemelihara Hamster Pemula

Halo halooo buat pemelihara hamster pemula, masih bingung bagaimana cara memelihara hamster yang baik dan benar? Takut salah ngasih ini itu? Kalem ya, mari disimak yang dibawah ini, semoga bermanfaat.

1. Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter di bawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

2. Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.

3. Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang “hamster pemakan anak”. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.

4. Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu. 

5. Asal memberi makanan dan minuman pada hamster. Makanan terbaik hamster adalah makanan import buatan pabrik.Walaupun begitu Anda tetap harus waspada dalam memilih makanan import yang baik. Beberapa makanan import mengandung terlalu banyak pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lain yang membahayakan hamster. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali. Beberapa makanan bisa diberikan sebagai snack, namun perlu diperhatikan bahwa makanan ini bukan makanan pokok. Jika hamster terlalu banyak memakannya, dapat mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas. Makanan yang dapat diberikan sebagai snack adalah : apel, pear, pisang, wortel, jagung manis, kentang, roti tawar, biskuit cracker dan oatmeal. Sedangkan makanan yang tidak boleh diberikan pada hamster adalah coklat, mentimun, makanan berbumbu, jeruk, mangga dan buah yang asam, selada, kangkung, dan sayuran hijau lainnya. Untuk minumannya, sediakan air yang matang di dalam tempat minum hamster, jangan air keran dan jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat minum tersebut agar tidak ada kuman yang membahayakan si hamster, selain itu, hamster juga dapat diberi minum berupa susu, tapi harus susu hamster ya, tidak boleh yang lain, susu hamster dapat diperoleh di petshop.


0 komentar:

Posting Komentar