Pages

Jumat, 11 April 2014

Hamsterku Beranak, Apa Yang Harus Kita Lakukan?


Hamsterku beranak, apa yang harus ku lakukan?? Pertanyaan ini sering muncul buat para pemula yang kedapatan hamsternya melahirkan. Hal itu wajar-wajar saja. Jangan panik, disini saya akan memberi tips-tipsnya bagaimana menagani hamster pasca melahirkan.
Sebelumnya saya sudah sedikit menyinggung bagaimana managani hamster yang hamil, melahirkan dan pasca melahirkan. Nah.. disini saya akan sedikit mengulangi topik hamster  melahirkan dan pasca melahirkan.

1. Ketika melahirkan
Sebenarnya anda tidak perlu melakukan apa-apa ketika mengetahui hamster anda melahirkan. Jika kandangnya masih ada hamster lain, segera pisahkan hamster yang lain bukan yang beranak. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memberi stok makanan dan minuman yang cukup kepada si induk. Jangan lupa memberi makanan yang bergizi penambah ASI seperti daun katuk, almond, dll. Serta menambahkan kertas tissue dan sejenisnya untuk tambahan tempat bayi. Bagaimana dengan kandangnya? Apa perlu dibersihkan? Saya sarankan jangan, biarkan kandang nya seperti itu 2-3 minggu pasca induk hamster melahirkan. Alasannya karena anda bisa membuat si induk gelisah dan tidak nyaman.

2. Pasca melahirkan
Hamster akan siap untuk dipisahkan sekitar usia 3-4 minggu, dan yang terbaik adalah untuk memisahkan anakan ke dalam satu grup, yang jantan sendiri dan yang betina sendiri. Hamster Suriah dapat tinggal sacara berkolompok selama 2-3 minggu , tapi kemudian harus dipisahkan sehingga hanya satu jenis perkandang (jantan dan betina dipisah).
Nah.. pasca melahirkan, sebaiknya induknya diistirahatkan sejenak untuk diberi nutrisi yang cukup seperti telur rebus, gandum dll. Gunanya apa, agar si induk tetep sehat jika mau di-breeeding lagi.

Sekian tips dari saya semoga bisa bermanfaat buat anda. J

0 komentar:

Posting Komentar