Pages

Senin, 07 April 2014

Yuk Belajar Memandikan Hamster dengan Benar




      Ciri-ciri fisik hamster yang sehat adalah bulu hamster yang lembut, bersih dan tidak berbau. Sungguh senang dan bangga memiliki hamster yang bersih, lucu dan disukai banyak orang. Hamster yang sehat dan bersih membuat akan membuat orang lain kagum dan ingin lebih lama mengajaknya bermain. 



        Salah satu hal yang mempengaruhi kebersihan hamster peliharaan adalah kebersihan kandang. Kandang yang bersih dan tidak lembab karena pipis hamster akan membuat hamster selalu bersih. Kebiasaan hamster yang selalu pipis di tempat yang sama memudahkan pemilik hamster untuk membersihkan kandang. Tak perlu mengganti semua serbuk kayu setiap hari, namun cukup mengangkat serbuk kayu yang basah terkena pipis hamster dan menggantinya dengan serbuk kayu yang baru. Penggantian seluruh serbuk kayu dapat dilakukan seminggu sekali, sekaligus mencuci kandang dengan sabun dan kemudian mengelap serta menjemurnya hingga kering.


        Hamster sebenarnya tidak perlu melakukan mandi basah terlalu sering karena pada dasarnya hamster peliharaan adalah hewan yang bersih dan bertempat tinggal di dalam kandang. Yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan hamster adalah dengan menyediakan pasir khusus hamster sebagai tempat mandi kering. Hamster yang ditempatkan di pasir secara otomatis akan berguling-guling dan membersihkan tubuhnya dengan pasir. Mandi kering dapat dilakukan oleh hamster setiap 2 hingga 3 hari sekali. Untuk menjaga agar hamster tetap wangi, hamster dapat ditaburi dengan bedak khusus yang biasa dijual di petshop.Mandi basah untuk hamster dapat dilakukan setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Gunakan air hangat dan shampo bayi dan perhatikan selalu agar mulut, telinga dan hidung hamster tidak kemasukan air selama mandi. Memandikan hamster tidak perlu terlalu lama agar hamster tidak kedinginan dan stres. Seusai mandi, segera keringkan bulu hamster dengan hair dryer. Hamster yang sudah mandi akan segera tampil wangi, bersih dan cantik.
 
Hamster yang Sedang Mandi Kering Menggunakan Media Pasir

0 komentar:

Posting Komentar