Pages

Minggu, 06 April 2014

Perlukah Memandikan Hamster dengan Air?


Hamstermu bau? Kucel? Atau ada kotoran yang nempel di badannya? Mungkin yang pertama kali muncul di pikiran kamu, 'Saatnya mandi!' 

Weits, tunggu sebentar, jangan buru-buru! Sebelum kamu ambil gayung atau nyelupin si hammy ke bak mandi kecilnya, akan lebih bijak kalo kamu pahami dulu kebutuhan kebersihannya. 


                                                             Funnyjunksite
 'Aku nggak mau mandi!'


Sekarang, tanya dulu ke diri kamu, kenapa sih kamu mau mandiin si hammy? Biasanya, orang punya persepsi yang kurang tepat untuk mandiin hamster kesayangannya. Ada kondisi-kondisi di mana si hamster wajib dimandikan, ada juga kondisi di mana si hamster sama sekali tidak perlu mandi (pake air). Yuk kita simak bareng dulu alasan-alasannya!

  • Si Ham-Ham bau dan kucel, nggak banget deh!
Sepulang sekolah (atau kuliah) kamu rebahan di kasur. Kamu menoleh ke kanan dan melihat si Ham-Ham sedang mondar-mandir di rumahnya, 'Unyu bingits sih Ham-Ham, yuk sini jalan-jalan keluar kandang!'. Lantas, kamu buka kandangnya dan sebelum sempat kamu ambil, kamu tutup lagi kandangnya. Yaps, dia kucel dan bau. Saatnya mandi mungkin?



                                               Malorey94 / Photobucket / Hamstercentral
'Bang, airnya habis bang'

Jawabannya TIDAK

Hamster tidak pernah dan tidak membutuhkan mandi (dengan air) sepanjang hidupnya. Mereka mempunyai cara sendiri untuk membersihkan diri dan grooming. Pasti kamu pernah lihat si Ham-Ham jilat-jilat dan garuk-garuk badan, juga guling-guling di pasir. Itu cara alami si hamster membersihkan diri. Tapi kalo emang risih sama baunya, kamu bisa beli pasir mandi hamster yang beraroma. Dan bau hamster itu tidak begitu menyengat, kalo dirasa baunya tidak normal, bisa jadi kondisinya sedang sakit. Buruan periksakan ke dokter!

Gimana dengan rambut si Syrian Long Hair yang kusut? Well, di alam bebas sih memang begitu. Lebih baik tidak usah dimandikan, karena salah-salah sedikit cara memandikannya bisa berbahaya buat si Ham-Ham.


  • Kan Semakin sering mandi semakin bersih dan sehat!
Betul sekali pernyataan tersebut jika yang dimaksud adalah manusia. Sedangkan para hamster akan lebih baik bila dibiarkan seperti itu adanya, bau dan kucel (dalam batas normal). Jika kamu pengen hamster kamu tetap bersih, sering-seringlah bersihin kandangnya, juga pasir mandinya.

Membasuh hamster dengan air apalagi dengan shampoo, akan menghilangkan minyak yang dibutuhkan di kulitnya sehingga dia akan kedinginan. Resiko yang bisa terjadi pada hamster kamu kalo kamu mandikan adalah menggigil dan jika tidak segera dikeringkan adalah kematian. 

Kalo sobat mah wajib mandi, kalo nggak pernah mandi ntar awet jomblonya :p

  • Hamsterku kecipratan cat nih pas lagi melukis :3
Hebat banget hamsternya bisa ngelukis, saya aja nggak bisa huehue...


                                                                     Telegraph
Jangan-jangan, itu kacang gue yang kemaren hilang?!

Back to topic, ini baru hamster kamu butuh mandi! Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, salah satu cara si hamster bersih-bersih adalah menjilati tubuhnya. Tentu berbahaya sekali kalau yang menempel di kulitnya adalah cat atau bahan beracun lainnya dan tertelan. 

Jikalau masih memungkinkan, potong saja rambutnya yang terkena zat beracun tersebut. Cara ini juga bisa digunakan untuk hamster yang tidak sengaja terkena permen karet atau lem. Nah, kalo nggak bisa dan sudah mengenai kulit si hamster, saatnya mandi!

Bagaimana guys?

Jadi, kenapa kamu mau memandikan hamster kamu? Apapun alasan dan keputusannya, jangan lupakan juga kesehatan si hamster kesayangan kamu, sobat! Jangan sampai si Ham-Ham menderita hanya karena kesenangan kita belaka.

Akhir kata, jangan malu-malu untuk ninggalin sepatah, mungkin seratus patah kata di bagian komen ya! Mau tanya silakan, mau kenalan sama saya juga silakan hehe...
Buat yang belum tau cara mandiin hamster yang baik dan benar, pantengin terus RumaHamsteRikky, bakalan kita post kiat-kiatnya!


                                                                  Chrishannah

Ceria Selalu dan Salam Hamster Lover! :D

0 komentar:

Posting Komentar