Pages

Rabu, 09 April 2014

Induk Hamster Kok Makan Anaknya Sendiri? Kenapa?

Hamsterhideout
Sejatinya, apa sih yang menyebabkan emak hamster memangsa anaknya yang tidak berdaya? Sekilas terlihat kejam dan brutal. Namun, sesungguhnya hanya si emaklah yang mengerti yang terbaik untuk anak-anaknya. Atau dirinya.

Sampai dewasa ini, belum diketahui apa penyebab pasti fenomena yang kerap terjadi ini. Tapi setelah melewati bertahun-tahun pengamatan dan pengalaman, para penghobi dapat mengerucutkan penyebab hamster memakan bayinya. Mari kita telaah berjamaah!

  • Bau manusia menempel di anak
Emak hamster hanya mengenali anaknya dari baunya. Kalau kamu coba pegang anak hamster pake tangan kosong, sudah pasti bau badanmu menempel di anak. Alhasil, emak akan bingung dan mengira anaknya cacat atau malah menganggapnya sebagai makanan/ancaman. Paling enggak umur 3 minggu baru boleh si anak kamu pegang-pegang.

  • Malnutrisi saat hamil atau menyusui
Hamster yang mengandung membutuhkan asupan gizi yang lebih. Hal ini disebabkan, hamster butuh tenaga lebih untuk melahirkan anak-anaknya serta menyusui. Jika si hamster kekurangan gizi hingga menjadi lemah atau tidak mampu memproduksi susu, dia akan memakan anaknya yang paling lemah agar dia tetap hidup dan bisa merawat serta menyusui anak-anaknya yang lebih kuat.

  • Ketakutan dan tekanan
Stress mudah menghinggapi induk hamster yang baru saja melahirkan, terutama kelahiran pertama. Induk yang tertekan akan cenderung meninggalkan kewajibannya mengasuh anak atau malah memakan mereka. Untuk mencegah hal ini, untuk 2 minggu awal, minimalisasikan pengecekan ke kandang. Cukup mengecek kandang untuk memberi makanan atau merefill minumnya.

  • Kasih sayang ibu
Hanya ibulah yang mengerti apa yang terbaik untuk anaknya. Induk hamster mengerti, mana anaknya yang sehat dan mana yang penyakitan dan cacat. Sang induk akan memakan anaknya yang kemungkinan hidupnya kecil agar si anak tidak hidup menderita. Selain itu di alam bebas, bau anak yang sakit atau mati akan memancing pemangsa untuk menyerang.

Sekilas tampak kejam, tapi di sisi lain inilah yang disebut seleksi alam. Semua ini telah menjadi naluri hamster untuk menjamin kelangsungan hidup species mereka.

0 komentar:

Posting Komentar